Pengertian WEP, WPA, WPA2, LOGIN HOTSPOT DAN MAC ADDRES FILTERING


  • Shared Key atau WEP (Wired Equivalent Privacy) adalah suatu metode pengamanan jaringan nirlanel, disebut juga dengan Shared Key AuthenticationShared Key Authentication adalah metode otentikasi yang membutuhkan penggunaan WEP. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh admin) ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok dari yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client untuk autentikasi menuju access poin.                     
  • WPA (Wi-Fi Protected Access) adalah suatu sistem yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel. Metoda pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yamg sebelumnya, yaitu WEP. Para peneliti menemukan banyak celah dan kelemahan pada infrastruktur nirkabel yang menggunakan metoda pengamanan WEP. Sebagai pengganti dari sistem WEP, WPA mengimplementasikan layer dari IEEE, yaitu layer 802.11i. Nantinya WPA akan lebih banyak digunakan pada implementasi keamanan jaringan nirkabel. WPA didesain dan digunakan dengan alat tambahan lainnya, yaitu sebuah komputer pribadi (PC).                   



  • WPA2

    • WPA2 adalah sertifikasi produk yang tersedia melalui Wi-Fi Alliance. WPA2 Sertifikasi hanya menyatakan bahwa peralatan nirkabel yang kompatibel dengan standar IEEE 802.11i. WPA2 sertifikasi produk yang secara resmi menggantikan wired equivalent privacy (WEP) dan fitur keamanan lain yang asli standar IEEE 802.11. WPA2 tujuan dari sertifikasi adalah untuk mendukung wajib tambahan fitur keamanan standar IEEE 802.11i yang tidak sudah termasuk untuk produk-produk yang mendukung WPA.
    • LOGIN HOTSPOT 
               Login hotspot adalah tempat dimana clinet memasukan password/kata sandi untuk bisa menggunakan wifi (login page wifi yang di tunjukan untuk mengamankan agar hanya user tertentu yang bisa menggunakan), biasanya keamanan yang dipakai adalah WEP, WPA, WPA2.

    •  MAC Filtering
      MAC filtering adalah suatu utility pada access point untuk melakukan filter pada MAC address tertentu dan membuat aturan apakah suatu MAC address dapat mengakses jaringan wireless atau tidak.

    Comments

    Popular posts from this blog

    UKURAN MEMORY DARI YANG PALING KECIL HINGGA TERBESAR

    tugas mikrokontroller